Tutorial cara menggunakan Microsoft Excel

Kali ini saya akan membuat tutorial microsoft excel

Pertama-tama, kita harus tahu apa itu Microsoft Excel. Microsoft Excel adalah aplikasi utama untuk pencatatan dan pengolahan data untuk berbagai bidang dan keperluan.

Sekarang, mari kita buka Ms Excel. 

 Bukalah Ms Excel di windows yang tersedia di peranti teman-teman. Setelah terbuka, klik tulisan "New" di layar anda. Untuk membuka Workbook yang baru, klik blank workbook. Setelah itu akan tampil laman seperti ini di layar anda. 

Selanjutnya adalah beberapa pengertian fungsi dasar yang ada di excel
1. Quick Acces Toolbar: Bagian ini memuat Buttons atau tombol menu umum yang sering kita gunakan
2. Ribbon: Bagian ini merupakan kumpulan tombol perintah pada microsoft excel yang dikelompokkan dalam bentuk Tab berdasarkan fungsinya
3. Formula Bar: Bagian ini menunjukkan alamat cell yang aktif beserta isinya
4. Worksheet Area: Sering disebut juga sebagai Workspace, Berisi kumpulan cell
5.  Status Bar: Bagian ini menunjukkan informasi status program Excel yang sedang berjalan.
6. Row: Disebut juga baris, adalah bagian worksheet yang melintang horisontal (kanan ke kiri) dan ditandai dengan angka 1,2,3 dan seterusnya. 
7. ColumnDisebut juga kolom, adalah bagian worksheet yang melintang vertikal (atas ke bawah) dan ditandai dengan huruf A, B, C dan seterusnya
8. CellDisebut juga dengan sel adalah bagian terkecil sebuah worksheet yang merupakan pertemuan antara baris(Row) dan Kolom(Coloumn). 
9. Range: Ini adalah gabungan atau kumpulan dari beberapa cell. Bisa terdiri dari beberapa baris, kolom atau gabungan keduanya. 




Comments

Popular posts from this blog

Acara kegiatan OMG ( Orang tua menjadi guru)

Jawaban untuk pertemuan keenam Informatika

Pra SAKSI 11-12 maret 2022