Informatika kls 8 Bab 6 Analisis data

Analisis Data

Di kelas VIII ini, kalian akan belajar lebih lanjut untuk mengelola data dengan menggunakan fungsi pencarian, peringkasan data dengan pivot table, fungsi SUMIFS, fungsi COUNTIFS, maupun memanfaatkan fitur tables otomatis dari aplikasi lembar kerja. Kalian juga akan belajar bagaimana melakukan visualisasi data dengan chart.

      Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu. Peringkasan data dapat melibatkan proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, dan sebagainya. Peringkasan ini untuk mendapatkan informasi yang lebih berguna terhadap data yang ada, yang nantinya digunakan untuk membantu proses analisis data.

      SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.

 

A.      Pencarian Data
1.       Pencarian Data dengan Fungsi Lookup adalah fungsi yang disediakan aplikasi lembar kerja, dalam hal ni adalah MS Excel untuk mencari suatu data dalam sebuah range.
2.       Pencarian Data dengan Fungsi Reference Reference adalah fungsi untuk mengacu suatu lokasi data di dalam suatu range.


B.      Visualisasi Data

Data yang disusun dalam bentuk tabel dapat ditampilkan dalam bentuk grafik atau chart.

C.      Peringkasan Data
1.       SUMIFS dan COUNTIFS

nama Fungsi SUMIFS berasal dari dua kata kunci: “SUM” dan “IFS”, dimana fungsi ini akan melakukan proses SUM (data) apabila (IF) memenuhi (satu atau banyak kondisi).

Nama fungsi COUNTIFS berasal dari dua kata kunci: “COUNT” dan “IFS”, dimana fungsi ini akan melakukan proses COUNT (data) apabila IF memenuhi (satu atau banyak kondisi).

D.      Pengelolaan Data

Pengumpulan data penelitian, Pengumpulan data merupakan tahap utama dalam proses penelitian, Menyiapkan data penelitian, Memasukkan data penelitian, Memproses data penelitian, Keluaran data penelitian, dan Penyimpanan data penelitian yang diproses

Terima kasih sudah membaca.




Comments

Popular posts from this blog

Acara kegiatan OMG ( Orang tua menjadi guru)

Jawaban untuk pertemuan keenam Informatika

Pra SAKSI 11-12 maret 2022