Pengalaman saya menggunakan scratch

Assalamualaikum wr. wb.

Halo kawan kawan! Saya Lovindi, untuk kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya belajar informatika dari sebuah Game atau permainan yang diajari oleh guru, dan game it bernama scratch game belajar coding yang bisa dibuat dan dikreasi oleh siapa saja.

Apa itu Scracth?, scratch adalah sebuah game atau permainan yang mengajar kita untuk belajar atau berlatih coding, atau juga bisa dibilang pemograman visual untuk lingkungan pembelajaran. Game ini dibuat oleh MIT media lab, dan juga scratch pertama kali dibuat pada tanggal  2002, prototipe kedua 15 Mei 2007, (2.0) 9 Mei 2013, (3.0) 2 Januari 2019, (3.29.1) 27 Februari 2022.

Pengalaman saya menggunakan game ini sangat lah mudah karena kita tidak perlu susah susah untuk membuat sebuah game sendiri atau pun animasi. Game belajar coding ini sudah dibuat tool yang sudah bisa langsung dipakai. Terdapat juga banyak tutorial yang bisa dipelajari

Pemerograman Visual atau game coding ini pun mempunyai yang dinamakan Sprite atau character yang kita pilih bisa apa saja yang di ingin kan bisa pilih dari scratch nya sendiri mau pun menggambar kan nya sendiri, contoh nya seperti kucing, kelinci, burung, harimau, singa, dan lain lain. Ada pun Background atau latar belakang ini bisa di ubah ubah juga dengan sesuka hati seperti lapangan sepak bola, lapangan bola basket, hutan, awan awan, kota gedung gedung, gunung, pantai, dan berbagai macam background atau latar belakang lain nya, atau pun kita juga bisa menggambar kan background atau latar belakang kita sendiri.

 Game belajar coding ini sudah dibuat tool yang sudah bisa langsung dipakai. Misalnya motion itu bisa mengubah ubah posisi dari characternya . kalau control bisa membuat sesuatu mengulang ulang selama beberapa detik atau selamanya dan seterusnya. Sound bisa mengganti ganti suara dari suara 1 berubah jadi suara 2. Looks nya bisa berubah ubah sesuai komande yang kita ingin kan.



 

 

 ini adalah pengalaman saya dalam menggunakan scratch 



 

 

1.      Setelah mempelajari setiap elemen informatika di kelas VII, apakah kalian dapat membuat peta pikiran yang mengoneksikan elemen-elemn tersebut menjadi pengetahuan yang utuh? Bisa

 

2.      Pengalaman beraktivitas pada elemen yang mana yang paling berkesan? Mengapa? Ceritakan dengan ringkas di blog kamu! Scratch itu menyenangkan karena bisa memprogram coding sesuatu dengan mudah

 

3.      Apakah kalian dapat memberikan satu atau dua contoh pengalaman sehari-hari kalian yang ternyata kalau dipikirkan kembali, adalah praktik dari informatika yang sudah dipelajarai di kelas VII? Menggunakan internet, mengetik di Microsoft word atau pun excel

 

4.      Elemen informatika apa yang menurut kalian merupakan muatan paling banyak dan paling penting? Tentang Internet, software, hardware

 

Rangkuman faktual yang sudah dipelajari, ceritakan dengan ringkas menggunakan kata-kata kalian sendiri. Mungkin saja terlewatkan dan ada beberapa konsep atau akativitas yang belum kalian lakukan saat berada di kelas VII. Berpikir komputasional yakni Teknik menangani persoalan dengan melaksanakan ilmu komputer.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Acara kegiatan OMG ( Orang tua menjadi guru)

Jawaban untuk pertemuan keenam Informatika

Pra SAKSI 11-12 maret 2022