Pengalaman saya menggunakan scratch
Assalamualaikum
wr. wb.
Halo kawan
kawan! Saya Lovindi, untuk kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya
belajar informatika dari sebuah Game atau permainan yang diajari oleh guru, dan
game it bernama scratch game belajar coding yang bisa dibuat dan dikreasi oleh
siapa saja.
Apa itu Scracth?,
scratch adalah sebuah game atau permainan yang mengajar kita untuk belajar atau
berlatih coding, atau juga bisa dibilang pemograman visual untuk lingkungan
pembelajaran. Game ini dibuat oleh MIT media lab, dan juga scratch pertama kali
dibuat pada tanggal 2002, prototipe
kedua 15 Mei 2007, (2.0) 9 Mei 2013, (3.0) 2 Januari 2019, (3.29.1) 27 Februari
2022.
Pengalaman
saya menggunakan game ini sangat lah mudah karena kita tidak perlu susah susah
untuk membuat sebuah game sendiri atau pun animasi. Game belajar coding ini
sudah dibuat tool yang sudah bisa langsung dipakai. Terdapat juga banyak
tutorial yang bisa dipelajari
Pemerograman
Visual atau game coding ini pun mempunyai yang dinamakan Sprite atau character
yang kita pilih bisa apa saja yang di ingin kan bisa pilih dari scratch nya
sendiri mau pun menggambar kan nya sendiri, contoh nya seperti kucing, kelinci,
burung, harimau, singa, dan lain lain. Ada pun Background atau latar belakang
ini bisa di ubah ubah juga dengan sesuka hati seperti lapangan sepak bola,
lapangan bola basket, hutan, awan awan, kota gedung gedung, gunung, pantai, dan
berbagai macam background atau latar belakang lain nya, atau pun kita juga bisa
menggambar kan background atau latar belakang kita sendiri.
Game belajar coding ini sudah dibuat tool yang
sudah bisa langsung dipakai. Misalnya motion itu bisa mengubah ubah posisi dari
characternya . kalau control bisa membuat sesuatu mengulang ulang selama
beberapa detik atau selamanya dan seterusnya. Sound bisa mengganti ganti suara
dari suara 1 berubah jadi suara 2. Looks nya bisa berubah ubah sesuai komande
yang kita ingin kan.
ini adalah pengalaman saya dalam menggunakan scratch
1. Setelah mempelajari setiap elemen informatika di kelas
VII, apakah kalian dapat membuat peta pikiran yang
mengoneksikan elemen-elemn tersebut menjadi pengetahuan yang utuh? Bisa
2.
Pengalaman beraktivitas pada elemen
yang mana yang paling berkesan? Mengapa? Ceritakan
dengan ringkas di blog kamu! Scratch itu menyenangkan karena bisa memprogram
coding sesuatu dengan mudah
3. Apakah kalian dapat memberikan satu atau dua contoh
pengalaman sehari-hari kalian yang ternyata kalau dipikirkan kembali, adalah praktik dari informatika yang sudah dipelajarai
di kelas VII? Menggunakan internet, mengetik di Microsoft word atau pun excel
4.
Elemen informatika apa yang menurut
kalian merupakan muatan paling banyak dan paling
penting? Tentang Internet, software, hardware
Rangkuman faktual yang sudah dipelajari, ceritakan dengan ringkas menggunakan kata-kata kalian sendiri. Mungkin saja terlewatkan dan ada beberapa konsep atau akativitas yang belum kalian lakukan saat berada di kelas VII. Berpikir komputasional yakni Teknik menangani persoalan dengan melaksanakan ilmu komputer.
Wah, lengkap
ReplyDelete