Algoritma dan Pemrograman

 Algoritma dan Pemrograman Informatika kelas 7 bab 7

A. Pemrograman

1. Mengapa perlu belajara programming?
Belajar programming diperlukan bukan hanya untuk menjadi programmer. Programming diperlukan dalam bidang apapun, seperti halnya siapapun perlu menulis.

1. Informatika membangun keterampilan yang berguna untuk belajar bidang-bidang lain termasuk matematika, sains, penyelesaian persoalan, berkerja dalam tim, pembelajaran berbasis proyek, seni kreatif, dan banyak lagi. Seperti yang dikatakan oleh Steve Jobs : "Coding mengajari anda cara berpikir"

2. Belajar pemrograman sama bergunanya seperti belajar bahasa asing. Bedanya ialah bahwa bahasa pemrograman dirancang agar kalian dapat memerintahkan komputer melakukan apa yang kalian rancing.

3. Zaman sekarang dan dimasa mendatang, diprediksi akan banyak kali lapangan kerja yang membutuhkan kemampuan programming diseluruh dunia. Pemrograman komputer mengajarkan keterampilan praktis yang relevan dengan pasar tenaga kerja saat ini dan masa mendatang.

4. Pertumbuhan kebutuhan tenaga kerja dibidang lain yang membutuhkan kemampuan programming selalu meningkat.

5. Informatika adalah ilmu yang terpakai disemua bidang karena semua bidang akan membutuhkan komputer.

6. Coding adalah seni terbaru dan membuat kalian akan berkreasi tanpa batas. Banyak seniman saat ini membuat karya-karya dibantu dengan program komputer.


2. Bagaiman belajar programming?

Pertama-tama, kalian akan dikenalkan dengan lingkungan pemrograman yang akan dipakai. Pengenalan lingkungan pemrograman itu bisa langsung dari internet secara online, dengan komputer atau gawai yang sudah disiapkan, atau tanpa komputer.



B. Eksplorasi Fungsi dasar

kalian akan belajar tentang kode Control. Kalian dapat mengatur berapa banyak kode berulang dan kondisi dari sprite. Dengan kode ini, diharapkan kalian dapat mengatur kode program dengan lebih baik.

Bunyi-bunyian

  • Dengan menambahkan kode control forever, sprite kucing dapat berjalan per 10 langkah. Kode untuk perulangan tidak terbatas: forever.
  • Apa efeknya kalau kode control forever diganti dengan kode control repeat sebanyak 5x
  • Kalian dapat menambahkan kode looks next costume untuk mengubah tampilan dari sprite sesuai costumes yang ada.
  • Setiap sprite default dari Scratch memiliki costumes atau bentuk yang lain disediakan
Memainkan SPRITE Si Kucing Bermain bola! 

  • Pilih menu Choose a Sprite, lalu cari atau upload sprite yang diinginkan
  • Setiap sprite yang aktif dapat diatur Costumes-nya. Sprite yang disediakan dari Scratch sudah memiliki beberapa Costumes yang dapat langsung digunakan.
  • Tambahkan kode berikut pada sprite Basketball
  • Lalu, tambahkan kode berikut pada sprite kucing. 

C. Robot Manual

Buatlah 4 buah kartu berbentuk lingkaran dengan diameter 2,5 cm yang bergambar tanda panah.. Empat kartu ini akan menjadi sprite. 

Kita akan memanfaatkan Sticky Notes kecil untuk menjadi blok program pada sprite yang ada. Setiap warna sticky notes akan menggambarkan fungsi dan itur yang berbeda. Setiap itur harus ditulis pada sticky notes dan nantinya akan ditempelkan pada setiap sprite.

Sediakan juga kertas kosong dan diberi keterangan untuk Sprite 1 sampai 6. Sticky notes ditempelkan pada kertas untuk setiap sprite tersebut dan sprite tadi akan berubah/menyesuaikan dari itur yang ada.

Setiap sprite harus dimulai dengan itur yang memiliki jenis Kondisi Awal lebih dulu, baru diikuti itur jenis Aksi atau itur jenis Kontrol. Fitur jenis Kondisi Awal hanya dapat digunakan untuk melengkapi kondisi pada itur jenis Kontrol. 





Comments

Popular posts from this blog

Acara kegiatan OMG ( Orang tua menjadi guru)

Jawaban untuk pertemuan keenam Informatika

Pra SAKSI 11-12 maret 2022